cara menghilangkan karat pada stainless

Barang yang terbuat dari bahan stainless juga bisa mengalami karatan. Hal ini terjadi apabila bahan stainless tidak dirawat dan dijaga dengan baik.

Stainless merupakan bahan yang mudah berkarat. Bahan stainless sensitif dengan air. Apabila karat menempel di permukaan stainless dalam jangka lama, maka karat akan lebih susah dihilangkan.

Kenapa Stainless Steel bisa berkarat?

Ada beberapa penyebab  yang membuat stainless steel bisa berkarat, yaitu: Pertama, biasanya karat terjadi apabila ada kontak dengan partikel besi dan baja. Jejak pada partikel inilah yang akan menyebabkan permukaan stainless berkarat.Hal ini biasanya terjadi karena adanya percikan api dari pengelasan, pemotongan, pengeboran, atau penggilingan baja.

Kedua, suhu yang tinggi. Bahan stainless akan berkarat jika terkena suhu tinggi sekitar 300-800 derajat celcius. Biasanya karat ada apabila bahan stainless dipanaskan dan kemudian langsung didinginkan dengan air. Justru kegiatan ini akan membuat bahan stainless cepat rusak.

Ketiga, pengaruh asam. Bahan stainless yang terkena asam klorida dan asam sulfat akan mudah korosi. Biasanya kita menemui asam klorida pada pembersih kerak dapur. Sedangkan asam sulfat bahan kimia yang bisa menyebabkan luka bakar secara kimia. Asam sulfat digunakan pada pengolahan mineral, penyulingan minyak dan pengolahan air limbah.

Cara Menghilangkan Karat pada Stainless

1. Apakah baking soda dapat membersihkan karat?

apakah baking soda dapat menghilangkan karat?

Mengutip dari halaman architectural digest,baking soda atau soda kue dapat membersihkan karat pada barang-barang yang terbuat dari stainless seperti pisau, panci, sutil dan lainnya.

Caranya cukup campurkan baking soda dengan air hingga terbentuk pasta yang kental. Gunakan sikat gigi untuk mengoleskan pasta ke seluruh bagian stainless yang terkena karat, pastikan bagian yang berkarat tertutupi dengan baik.

Biarkan pasta menempel pada benda tersebut selama sekitar satu jam. Kemudian gosok perlahan menggunakan sabut baja, kain gosok, atau sikat kawat untuk menghilangkan karat. Terakhir, bilas pasta baking soda dengan air sampai bersih.

2. Soda Kue dan Sabun Cuci Piring

Pertama, Anda bisa menggunakan soda kue dan sabun cuci piring untuk menghilangkan karat. Caranya campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada kain halus. Kemudian, gosok secara perlahan ke permukaan stainless yang berkarat. Setelah noda karat menghilang, bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

Selain itu, Anda juga bisa langsung menaburkan soda kue ke bagian yang berkarat. Kemudian, diamkan selama 1 jam agar soda kue bekerja dengan sempurna. Setelah itu, gosoklah dengan lap agar karat menghilang. Apabila karat sudah hilang, bilas dengan air dan keringkan sampai bersih. Soda kue memiliki sifat abrasif halus yang tidak akan merusak permukaan stainless.

3. Menghilangkan Karat Menggunakan Cuka

menghilangkan karat menggunakan cuka

Cuka merupakan bahan selanjutnya yang bisa menghilangkan karat. Sebab, cuka memiliki kandungan asam yang mampu mengangkat noda karat dengan mudah.

Anda bisa menggunakan cuka putih ataupun cuka apel. Caranya, tuangkan cuka ke permukaan stainless yang berkarat. Diamkan selama beberapa saat agar asam dalam cuka bekerja mengangkat noda karat. Langkah terakhir, bilaslah dengan air sampai bersih. Lalu, keringkan dengan kain atau handuk kering.

4. Uap Panas Untuk Menghilangkan Karat Pada Stainless

Uap panas juga bisa menghilangkan karat di stainless. Karat akan mengelupas apabila terkena uap panas. Anda perlu menggunakan uap panas dari air mendidih. Caranya dengan menyiapkan air mendidih dan kain microfiber. Letakkan kain pada bagian stainless yang berkarat.

Kemudian, tuangkan air mendidih ke atas kain. Diamkan agar uap bekerja selama 10 menit. Setelah dingin, gosok dengan gerakan mengikuti arah serat. Terakhir, bersihkan dengan air dan keringkan.

5. Perasan Air Lemon dan Soda Kue Untuk Membersihkan Karat

Memanfaatkan air lemon dan soda kue merupakan cara yang tepat. Kedua bahan ini akan bekerja dengan baik dalam menghilangkan noda karat yang membandel di stainless. Caranya dengan menyampurkan soda kue dan perasan air lemon hingga membentuk pasta.

Oleskan pasta tersebut ke karat yang ada pada stainless. Kemudian, gosok perlahan menggunakan spons basah untuk membersihkan kotoran. Terakhir, bilas dengan air hingga bersih, lalu keringkan.

Apabila cara tersebut tidak membersihkan karat dengan sepenuhnya, Anda bisa mengoleskan pasta lemon lagi ke bagian karat. Kemudian, diamkan selama 30 menit. Kemudian, bersihkan menggunakan spons.

6. Apakah pasta gigi bisa menghilangkan karat?

Pasta gigi dipercaya bisa menghilangkan karat pada stainless. Caranya, oleskan pasta gigi pada bagian karat. Diamkan selama 30 menit agar pasta gigi bekerja mengangkat noda karat. Setelah itu, gosok menggunakan spons sampai noda karat hilang. Terakhir, bilas dengan air bersih dan keringkan.

7. Krim tartar sebagai pembersih karat

Biasanya krim ini digunakan untuk bahan melembutkan kue. Krim ini berbentuk bubuk putih halus. Nah, kita bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda karat pada stainless. Namun, kita membutuhkan bahan tambahan yakni perasan air lemon.

Caranya, campurkan krim tartar dengan perasan air lemon. Kemudian, oleskan ke permukaan stainless yang berkarat. Gosoklah menggunakan spons secara perlahan sampai karat hilang. Apabila noda karat sudah hilang, bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

8. Bisakah sitrun menghilangkan karat?

Bisakah sitrun menghilangkan karat?

Sitrun atau asam sitrat bisa Anda gunakan untuk melarutkan karat pada stainless. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya. Sebab, bahan asam sitrat ini akan berbahaya jika terkena kulit.

Caranya, larutkan asam sitrat atau yang terkenal dengan nama garam ini kedalam air panas. Kemudian rendam barang stainless yang akan Anda bersihkan. Rendam selama semalaman. Keesokan harinya, gosok secara perlahan sampai karat hilang. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Lalu, keringkan dengan lap bersih.

Penutup

Bahan stainless memang mudah berkarat. Apalagi jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Karat yang muncul pada stainless memang membuat kita risih. Namun, kita bisa membersihkan noda karat tersebut dengan mudah.

Beberapa bahan yang bisa kita gunakan seperti garam, lemon, soda kue, uap panas, dan masih banyak lagi. Namun, Kami tidak menyarankan menggunakan pembersih yang mengandung alkohol, amonia, dan mineral spirits. Sebab, bahan tersebut dapat merusak permukaan stainless.

Semoga artikel di atas bermanfaat bagi para pengunjung blog rumah minimalis dan investasi properti, Jika ada tips tambahan seputar menghilangkan noda karat bisa Anda tulis di kolom komentar. Terima kasih, salam.

Azizah Nur Laily

Ibu rumah tangga

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.