cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih

Dapur merupakan bagian rumah yang jarang terekspos namun juga memerlukan perhatian khusus.

Dapur kerap kita gunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Mulai dari memasak, menyimpan makanan, menyuci piring dan lainnya. Jadi, penting kita ketahui cara menata dapur agar selalu terlihat rapi dan bersih.

Kondisi dapur yang rapi dan bersih tentunya membuat kita semakin nyaman, apalagi bagi kita yang memiliki hobi memasak. Dengan dapur yang bersih hidangan yang kita buat akan terjaga kebersihannya dan tetap higienis.

Namun, apa jadinya jika dapur kita kotor? pastinya akan membuat kita merasa risih dan tidak betah berada di dapur. Selain itu, juga menjadi sarang penyakit apabila menempel pada peralatan dapur milik kita.

Nah, pada kesempatan posting Artikel kali ini Admin akan berbagi cara menata dapur agar terlihat bersih dan rapi. Simak artikelnya  berikut ini!

Cara Menata Dapur Agar Terlihat Rapi dan Bersih

1. Menentukan Bagian Dapur

menentukan bagian dapur

Pertama, kita harus menentukan zona atau bagian dapur. Cobalah tentukan daerah memasak, daerah penyimpanan, daerah pantry dan daerah makan.

Sebagai contoh, kita bisa menata daerah memasak dan mengolah makanan berada di sekitar kompor. Jadi, memudahkan kita dalam memasak dan mengolah makanan agar tidak berantakan.

Sedangkan daerah penyimpanan alat masak ataupun makanan, bisa kita letakkan didaerah dekat wastafel. Jadi, tidak akan kerepotan mondar mandir meletakkan peralatan masak yang sudah dicuci.

Selanjutnya, daerah pantry atau mempersiapkan makanan. Jika daerah dapur dirasa luas, kita bisa memilih area yang sedikit berjauhan dari area memasak. Namun, jika dapur dirasa sempit, kita bisa menjadikan satu area persiapn makanan dan area memasak.

Terakhir, menyiapkan area bersih untuk makan. Ada baiknya kita menggunakan piring dan taplak meja untuk menghidangkan makanan agar terlihat rapi.

2. Pemilahan barang Dapur

Kita perlu memilah barang-barang yang ada di dapur. Pilihlah peralatan dapur tersebut masih layak diletakkan didapur ataukah harus kita pindahkan. Apabila ada kardus bekas, kantong belanja yang tidak terpakai bisa dibuang saja atau diletakkan di area gudang.

Kemudian, apabila didapur ada gelas tamu yang cukup banyak, sebaiknya letakkan di lemari saja agar tidak memenuhi dapur. Selain itu, untuk panci, sutil dan baskom yang jarang digunakan bisa kita pindahkan di area yang layak.

Pastikan semua barang yang ada di dapur merupakan barang yang kerap kita gunakan. Cara menata dapur ini tentunya akan membuat dapur terasa luas dan rapi.

3. Kategori Peralatan Dapur

kategori peralatan dapur

Selanjutnya kita perlu mengkategorikan peralatan yang berada di dapur. Mulai dari sendok, garpu, piring, gelas, teflon, wajan, panci, spatula, pisau dan telenan. Letakkan peralatan dapur memasak di dekat area kompor.

Namun, untuk peralatan makan seperti mug, gelas, piring, sendok, mangkok, dan lainnya, sebaiknya dijauhkan dari area kompor. Letakkan peralatan masak dan makan dengan rapi agar tetap bersih dan tidak terkena kotoran. Dengan begitu, memudahkan kita dalam proses memasak.

4. Penggunaan Wadah Berulang

Kita juga perlu menyediakan wadah sendiri untuk bahan makanan agar terlihat rapi. Meskipun sebenarnya, bahan makanan tersebut sudah memiliki wadah tersendiri. Sedikanlah wadah yang terbuat dari material ramah lingkungan. Agar dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Gunakanlah wadah toples yang terbuat dari kaca tau plastik. Atau kita juga bisa menggunakan dispenser atau botol penyimpanan bahan makanan dan bumbu dapur. Selain praktis, wadah tersebut dapat membuat dapur terlihat rapi dan estetik.

Kita hanya perlu mengisi ulang apabila bahan makanan telah habis pada wadah yang tersedia.

5. Pemilihan Material Kitchen Set yang Awet

pemilihan kitchen set

Kita juga perlu memperhatikan material kitchen set yang akan digunakan. Apakah tahan lama atau justru mudah rusak. Apalagi daerah dapur kerap terkena cipratan atau tumpahan makanan dan minuman. Selain itu juga bisa terkena suhu panas, benda berat dan tajam yang berbahaya. Jadi kita memerlukan kitchen set yang berkualitas dan mudah dibersihkan agar tahan lama.

Biasanya kitchen set yang terbuat dari material pluwood dan HPL lebih kuat dan anti rayap. Sedangkan pada bagian table top atau backsplash bisa memilih menggunakan material keramik seperti marmer ataupun granit.

Material tersebut lebih tahan lama dan kuat. Tak hanya itu saja, material ini juga mudah dibersihkan dengan menggunakan lap microfiber dan cairan pembersih dapur. Dengan begitu, dapur akan terlihat rapi dan bersih.

6. Area Sampah Tersendiri

Kita bisa menyediakan area sampah tersendiri. Apabila memiliki kabinet yang besar, bisa membuatkan laci khusus untuk menampung sampah. Sebaiknya menyediakan 2 tempat untuk sampah organik dan anorganik.

Cara ini akan membuat area dapur lebih bersih dan rapi. Tentunya akan menjauhkan kita dari penyakit. Sebab, tidak akan ada lalat yang hinggap di dapur kita. Lalat akan hadir apabila ruangan dapur kotor penuh dengan sampah yang berserakan ataupun tempat sampah yang tidak tertutup. Jadi, jangan lupa untuk kerap membuang sampah dan membersihkan area sampah tersebut.

Penutup

Dapur merupakan ruangan yang perlu kita perhatikan dengan baik. Dapur yang bersih dan rapi tentunya akan membuat kita nyaman saat memasak. Maka dari itu kita perlu mengetahui cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih setiap saat.

Lakukanlah penataan dapur secara berkala agar dapur tetap rapi dan bersih. Selain itu, dapur kita juga akan terlihat estetik. Selamat mencoba!

Ada tips lainnya yang bisa membuat dapur terlihat lebih rapi dan bersih? silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog Arieiswadi.com di lain kesempatan yang Anda miliki untuk mendapatkan artikel terbaru seputar tips rumah minimalis. Salam!

Azizah Nur Laily

Ibu rumah tangga

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.