contoh-contoh investasi properti

Bukan rahasia lagi jika investasi properti mampu mendatangkan keuntungan maksimal serta pasif income yang tinggi. Bahkan kini banyak orang tertarik untuk berinvestasi properti. Bukan hanya orang yang sudah memiliki penghasilan tetap dan hidup mapan saja, tetapi banyak juga generasi muda yang tertarik.

Sebenarnya contoh-contoh investasi properti itu apa saja? kok bisa banyak kalangan yang memilih untuk melakukan investasi properti, padahal banyak jenis investasi yang lain.

Di dunia bisnis properti investasi properti terkategori dalam dua kategori yaitu investasi properti secara fisik artinya Anda membeli produk properti secara fisik untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Seperti : membeli lahan, membeli hunian, dan membeli bangunan komersial.

Kategori kedua adalah investasi properti yang tidak memerlukan kepemilikan khusus seperti REITs (Real Estate Investment Trust) dan Crowdfunding properti.

Apa yang termasuk dalam investasi properti?

1) Investasi lahan

contoh-contoh investasi properti investasi lahan

Lahan atau tanah kosong adalah tanah yang tidak ada bangunan dan tanaman apapun di atasnya. Investasi lahan sangat menguntungkan karena harga tanah selalu naik tiap tahunnya. Carilah lahan yang berlokasi strategis atau paling tidak dekat dengan akses jalan utama agar keuntungan kelak bisa maksimal.

Keuntungan investasi properti berupa lahan selain keuntungan dari selisih harga jual dengan harga beli di awal (Capital Gain) bisa diperoleh dengan cara-cara berikut :

Lahan parkir

Lahan parkir merupakan peluang usaha sangat menguntungkan terutaman di kota-kota besar atau dekat pusat kota. Anda bisa juga menyewakan lahan parkir kepada pengelola pusat perbelanjaan atau pusat bisnis untuk mendapatkan keuntungan.

Pertanian atau Perkebunan

Memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya tanaman pertanian dan perkebunan juga mampu mendatangkan keuntungan. Seperti menanam padi, sayuran, buah-buahan dan lainnya yang bisa mendapatkan hasil panen pada setiap periode tertentu.

Menyewakan Lahan

Opsi lainnya agar lahan Anda bisa mendatangkan pemasukan adalah dengan menyewakannya untuk kepentingan tertentu, seperti untuk kafe, menyewakannya kepada pengelola tower BTS dan sebagainya. Cara ini sangat mudah, Anda tidak perlu repot melakukan perawatan lahan karena pihak penyewa yang akan merawatnya

2) Investasi hunian atau resedensial

Investasi Hunian

Investasi properti paling populer adalah investasi hunian atau resedensial, tidak seperti investasi lahan investasi hunian memerlukan modal yang lebih besar di awal. Akan tetapi, memiliki potensi keuntungan di masa mendatang yang lebih besar berupa pasif income yang sangat menjanjikan.

Contoh-Contoh Investasi Properti Hunian

Berikut adalah contoh-contoh investasi hunian yang mampu mendatangkan keuntungan maksimal dan mudah untuk dijalankan.

Rumah Kontrakan

Mengontrakkan hunian atau rumah adalah cara mudah mendapatkan pasif income jangka panjang. Target pasar rumah kontrakan adalah para keluarga atau individu yang belum memiliki hunian sendiri. Harga kontrakan atau sewa rumah bervariasi tergantung lokasi, luas rumah, dan fasilitas yang ada di dalam rumah tersebut.

Biasanya lama masa sewa minimal rumah kontrakan minimal satu tahun, harga swa rumah kontrakan di kota-kota besar bisa mencapai puluhan juta rupiah tiap tahunnya.

Bisnis Home Stay/Villa

Bisnis home stay atau villa merupakan bisnis yang mampu mendatangkan keuntungan besar terutama saat liburan tiba. Home stay atau villa adalah tempat menginap sementara yang biasanya berada dekat dengan lokasi objek wisata. Untuk menjalankan bisnis homestay atau villa Anda membutuhkan karyawan untuk mengelola dan melakukan pemeliharaan setiap harinya.

Bisnis Rumah Kost

Bisnis rumah kost merupakan bisnis favorit para investor properti karena mampu mendatangkan penghasilan pasif secara rutin tiap bulannya. Untuk memulai investasi properti berupa bisnis rumah kost Anda harus memiliki rumah dengan beberapa kamar di dalamnya yang lokasinya dekat dengan pusat pendidikan atau pusat keramaian. Tarif sewa kamar kos juga beragam tergantung fasilitas dan lokasi, semakin bagus lokasinya semakin mahal tarifnya.

Umumnya jangka waktu sewa kamar kost minimal sebulan, akan tetapi sekarang banyak pemilik rumah kost yang menyewakan kamarnya dengan waktu harian.

3) Investasi Bangunan Komersial

Investasi Bangunan Komersial

Bangunan komersial adalah bangunan yang sengaja dibangun untuk kepentingan komersial dan terletak di lokasi strategis dengan tujuan menarik minat pengunjung. Investasi bangunan komersial memang membutuhkan biaya lebih besar daripada investasi lahan dan investasi resedensial terutama di kota-kota besar. Akan tetapi, penghasilan dari investasi bangunan komersial juga sebanding dengan modal yang dikeluarkan.

Berikut adalah contoh-contoh investasi bangunan komersial yang menjanjikan keuntungan besar

Rumah Toko atau Ruko

Sesuai dengan namanya bangunan Ruko merupakan jenis bangunan yang menggabungkan fungsi hunian sebagai tempat tinggal dengan fungsi toko sebagai tempat membuka usaha. Kesempatan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari sewa Ruko bisa Anda dapatkan jika bangunan Ruko milik Anda berada di daerah strategis atau di pusat keramaian.

Karena Ruko merupakan solusi praktis bagi pengusaha yang hendak mengembangkan usahanya. Baik untuk memasarkan produk atau jasa agar mampu mencapai target omset yang telah di tetapkan.

Bangunan Perkantoran

Di kota-kota besar bangunan perkantoran merupakan aset investasi properti yang tak ternilai harganya karena biasanya perusahaan-perusahaan berkembang atau startup lebih memilih sewa bangunan perkantoran untuk mengembangkan bisnisnya. Sewa perkantoran juga menjadi opsi pilihan bagi perusahaan yang melakukan ekspansi bisnis ke daerah atau kota lain.

Lokasi strategis dan fasilitas perkantoran yang mampu mendukung aktivitas kerja agar optimal harus benar-benar dipikirkan dari awal sebelum Anda memutuskan untuk investasi bangunan perkantoran.

Bagaimana cara investasi properti dengan modal kecil?

Anda bisa berinvestasi properti dengan cara menjadi investor pada produk properti tanpa kepemilikan khusus. Apa saja contoh dari investasi properti tanpa kepemilikan khusus ini? berikut adalah penjelasannya.

Contoh-contoh investasi properti tanpa kepemilikan khusus

Investasi Tanpa Kepemilikan Khusus

1) REITs

Reat Estate Investment Trusts (REITs) atau dalam bahasa Indonesia terkenal dengan nama Dana Investasi Real Estate (DIRE) merupakan jenis investasi properti berupa surat berharga yang bisa investor dapatkan dari perusahaan yang menerbitkan REITs.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia mendefinisikan REITs sebagai  wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan pada aset real estat, aset yang berkaitan dengan real estat, dan/atau kas dan setara kas.

Sampai sekarang ada 3 produk REITs yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu :

1. XCID dari PT Ciptadana Asset Management dengan aset portofolio Solo Grand Mall
2. XCIS dari PT Ciptadana Asset Management dengan aset portofolio Hotel Padjadjaran Suites
3. XSPI dari PT Sinarmas Asset Management dengan aset portofolio Plaza Indonesia

2) Crowdfunding Properti

Crowdfunding (urun  dana) merupakan produk Fintech (Financial Technology) yang memungkinkan masyarakat melakukan investasi properti dengan modal patungan (urunan). Keuntungannya biasanya didapatkan dari sistem bagi hasil setelah masa investasi selesai. Crowdfunding memungkinkan siapa saja bisa melakukan investasi properti dengan modal kecil sekali.

Saat ini sudah banyak platform crowdfunding properti online yang bisa diakses secara online melalui aplikasi mobile seperti : LandX, CrowdDana, PropertyLord, dan lain-lain.

Penutup

Pilihlah jenis investasi properti yang menurut Anda mudah untuk menjalankannya dan sesuai dengan aset properti yang Anda miliki. Jika perlu konsultasikan kepada pihak developer atau pengembang properti secara detail mengenai penawaran properti yang mereka tawarkan.

Informasi mengenai produk properti berkualitas seperti rumah hunian, ruko, rumah kos, dan villa dengan penawaran pasif income maksimal di kota Malang bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Admin Arieiswadi.com di menu Tentang yang sudah tersedia. Segera dapatkan kesempatan investasi properti terbaik, dan segera raih keuntungan maksimalnya!

Semoga, artikel contoh-contoh investasi properti di atas bisa bermanfaat bagi semua yang sedang mencari informasi seputar investasi properti.

Arie Iswadi

Property Digital Marketer & Digital Advertiser

This Post Has 6 Comments

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.