cara memilih lantai keramik dapur

Selain warna cat rumah, memilih keramik lantai dapur yang tepat juga penting. Agar aktivitas memasak menjadi aman dan nyaman. Biasanya banyak orang yang memilih memakai keramik agar tidak licin.

Banyak sekali motif dan warna keramik yang bisa Anda pilih. Dalam memilih keramik lantai Anda perlu teliti agar tampilan rumah menarik dan terkesan bersih. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas seputar keramik lantai dapur agar Anda tidak salah memilih.

Apakah Granit Cocok untuk Lantai Dapur?

Granit merupakan keramik dengan permukaan yang sedikit kasar. Material granit ini sangat cocok di aplikasikan pada dapur. Sebab, akan mengurangi resiko kepleset akibat lantai yang licin.

Memang harga granit jauh lebih mahal dibandingkan dengan keramik biasa. Namun, kualitas yang di tawarkan jauh lebih baik dibandingkan keramik. Granit ini bersifat kuat, lebih kaku dan tahan benturan.

Berapa Ukuran Keramik Lantai Dapur?

Menurut halaman Stone And Tile Shoppe, ukuran standar keramik dapur yaitu 12 inci. Namun, Anda bisa menyesuaikannya dengan luas dapur. Apabila dapur Anda luas, Anda bisa memilih ukuran keramik 40×40 cm, 50×50 cm atau 60×60 cm.

Tips Memilih Keramik Lantai Dapur

Menurut halaman Architecural Digest, Ada 5 tips dalam memilih keramik lantai dapur, yaitu:

  1. Pastikan memilih ubin porselen untuk dapur, sebab ubin ini kuat, tahan lama dan padat. Pilihlah ubin dengan lapisan matte agar mengurangi resiko kepleset. Bahkan, ada juga ubin yang bebas kuman tentunya akan membuat dapur kita bersih. Lapisan antimikroba pada ubin akan memperlambat pertumbuhan kuman, bakteri dan jamur.
  2. Pilihlah keramik yang terbuat dari tanah liat dan dipanggang dengan suhu tinggi. Namun, kelemahan dari keramik ini adalah mudah retak atau patah.
  3. Anda bisa memilih lantai dari kayu keras atau kayu olahan untuk menghadirkan dapur tampilan klasik. Lantai kayu ini dapat memberikan kehangatan dan tekstur unik pada desain dapur. Selain itu, menggunakan lantai kayu juga akan memberikan kenyamanan tersendiri saat di pijak.
  4. Ubin vitrifikasi juga bisa Anda pilih untuk lantai dapur. Permukaan ubin ini mengkilap, jadi akan memberikan kesan cerah dan luas pada ruang dapur.
  5. Anda bisa coba memilih ubin semen karena memiliki permukaan kasar, sehingga mengurangi resiko tergelincir.

Inspirasi dan Rekomendasi Keramik Lantai Dapur

1. Keramik Motif Terakota

keramik dapur motif terakota

Keramik terakota sangat cocok untuk di aplikasikan di lantai dapur. Sebab, keramik jenis ini dapat memberikan kesan yang nyaman saat di pijak dan kesan hangat. Keramik terakota terbuat dari batu bata yang di cetak dengan berbagai bentuk, seperti bentuk persegi, segi lima dan segi enam.

Kelebihan keramik ini adalah di desain dengan anti licin dan tahan lembab. Sehingga sangat cocok digunakan di dapur ataupun area outdoor seperti halaman rumah. Keramik terakota ini memiliki warna oranye yang terkesan natural. Tenang saja, harga keramik terakota ini sangat terjangkau, kok.

2. Keramik Granit

dapur menggunakan lantai granit

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan keramik yang berbahan material granit. Sebab, granit memiliki tekstur yang kesat dan di desain mewah. Hal inilah yang membuat semua orang menggunakannya. Kelebihan dari keramik granit adalah memiliki daya serap cairan rendah, sehingga dapat lebih awet dan tahan lama.

3. Lantai Keramik Motif Kayu

lantai motif kayu di dapur

Ingin tampil beda? Anda bisa menggunakan keramik dapur dengan motif kayu. Keramik dapur ini sangat menarik dan terkesan modern. Selain itu, keramik kayu ini memberikan kesan alami dan estetik pada rumah.

4. Keramik Roman

keramik roman di dapur

Keramik roman menjadi keramik favorit setiap orang. Sebab, keramik ini mudah di pasang, memiliki banyak warna, corak dan pola. Motif keramik roman ini mampu membuat dapur Anda terlihat rapi dan estetik. Apalagi jika Anda membuat dapur dengan konsep bernuansa timur tengah, justru akan membuat dapur terasa lebih hidup dan menarik.

5. Keramik Tegel

keramik lantai dapur tegel

Keramik tegel terbuat dari tanah liat. Tegel memiliki permukaan tidak licin, sehingga cocok digunakan sebagai lantai dapur. Keramik tegel ini memiliki motif yang beragam dan unik. Motif pada keramik tegel mampu memberikan kesan klasik pada dapur.

6. Keramik Motif Marble

keramik motif marble

Motif marble banyak di gunakan di dapur karena memiliki kesan luas dan elegan. Jadi, cocok banget buat kamu yang memiliki dapur sempit. Namun, harga keramik marble ini cukup mahal. Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak jika memasang keramik marble. Tetapi, harga yang di tawarkan ini sebanding dengan kualitas yang diberikan.

7. Keramik Warna Putih

keramik lantai dapur berwarna putih

Anda bisa menggunakan keramik dengan warna putih jika ingin menghadirkan dapur nuansa rapi dan bersih. Untuk area dapur, Anda di sarankan memilih keramik dengan tekstur kesat dan kasar agar lebih nyaman saat beraktivitas di dapur. Agar lebih estetik, Anda bisa meletakkan perabotan dapur sewajarnya dan sedikit tanaman hias. Adanya tanaman hias ini juga akan membuat sirkulasi udara di dapur lancar.

Penutup

Menentukan tampilan dapur sangatlah penting. Dapur yang bersih dan estetik membuat kegiatan memasak akan terasa nyaman dan menyenangkan. Namun, kita perlu berhati-hati dalam memilih keramik lantai dapur.

Pastikan keramik yang kita pilih mampu mengurangi resiko tergelincir. Sebab, pada saat memasak tentunya akan ada minyak ataupun air yang menetes. Nah, seperti yang dijelaskan di atas tadi, ada beberapa rekomendasi keramik lantai dapur yang bisa Anda pilih.

Apakah Anda memiliki inspirasi atau ide lain mengenai keramik lantai dapur yang memiliki motif atau warna lainnya? Silahkan share di kolom komentar!

Semoga mampu memberi inspirasi dan ide bagi Anda semua yang datang berkunjung ke blog ini. Jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain kesempatan. Salam!

Azizah Nur Laily

Ibu rumah tangga

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.