tanaman hias aglaonema

Tanaman hias Aglaonema merupakan tanaman hias yang mudah tumbuh, tahan berbagai cuaca, dan hanya membutuhkan perawatan sederhana. Aglaonema lebih dikenal dengan nama sri rejeki atau chinese evergreen.

Aglaonema sangat digemari oleh pecinta tanaman hias yang ada di Indonesia. Sebab, tanaman ini memiliki warna daun yang eksotis. Aglaonema memiliki sekitar 150 jenis yang elegan dengan bentuk, corak dan warna yang berbeda.

Berapa Harga Aglaonema di pasaran?

Banyak pecinta tanaman hias yang berburu jenis aglaonema di Indonesia. Aglaonema dibandrol mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Harga Aglaonema tergantung jenisnya. Ada yang dijual dengan harga murah mulai dari Rp. 20 ribuan hingga Rp. 100 ribuan. Bahkan, ada juga yang dijual mulai dari Rp. 300 ribuan hingga jutaan rupiah.

Apa Manfaat Tanaman Hias Aglaonema?

Tanaman hias Aglaonema memiliki banyak manfaat, seperti:

  • Membersihkan Udara

Aglaonema mampu membersihkan udara di sekitarnya. Tanaman ini menyerap formaldehida, xilena dan amonia di udara. Anda bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai pembersih udara dan menyegarkan ruangan.

  • Mengurangi Stress

Tanaman Aglaonema mampu memberikan efek menenangkan pada penghuni rumah. Oleh sebab itu, aglaonema mampu mengurangi stress. Bahkan, tanaman aglonema ini biasa digunakan untuk terapi yaitu hortikultura terapeutik.

  • Ruangan jadi Estetik

Daun yang dimiliki tanaman aglonema ini mampu memberikan kesan estetik pada ruangan. Sebab, Aglaonema memiliki daun yang berukuran besar, pola dan warna yang beragam. Bahkan, Anda juga bisa menyesuaikan warna daun dengan interior atau warna cat dinding rumah.

  • Meredakan Alergi

Tanaman Aglaonema dapat meredakan alergi. Sebab, tanaman ini dapat meningkatkan jumlah zat antioksidan dan zat antiinflamasi yang ada dalam tubuh. Selain itu, aglonema juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, kita tidak akan mudah terserang penyakit.

  • Melembabkan Ruangan

Tanaman aglaonema mengeluarkan uap air melalui proses transpirasi. Proses ini dapat meningkatkan kelembaban pada ruangan. Aglaonema sangat cocok untuk daerah yang memiliki kelembaban rendah.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman Hias Aglaonema?

Berikut ini adalah cara merawat aglaonema seperti dikutip dari halaman the sill:

  • Asupan cahaya matahari yang cukup

Aglaonema dapat tumbuh dengan baik dengan paparan cahaya sinar matari tidak langsung yang cukup terang. Meskipun dapat tumbuh juga pada kondisi cahaya yang rendah akan tetapi dapat menyebabkan pertumbuhannya menjadi lambat.

Cara mudahnya Anda bisa meletakkannya di dalam ruangan yang dekat dengan jendela yang menerima sinar matahari secara langsung. Pastikan jendela Anda menggunakan tirai tipis atau semacamnya untuk mencegah daun aglaonema hangus karena paparan sinar matahari.

  • Kebutuhan air yang cukup

Tanah yang lembab secara merata sangat bagus untuk perkembangan aglaonema. Meskipun tanaman ini tahan terhadap kondisi tanah yang kering, ada baiknya Anda rutin melakukan penyiraman, terutama ketika matahari sedang terik atau musim panas.

Jangan sampai terlalu berlebihan saat menyiramkan air, karena dapat menyebabkan akar aglaonema membusuk. Pastikan pot yang Anda gunakan memiliki sistem drainase yang baik untuk mencegah air yang mengendap.

  • Memperhatikan kelembapan ruangan

Kelembapan tinggi merupakan faktor penentu agar tanaman aglaonema Anda sehat selalu, pastikan kelembapan udara ruangan berada pada kisaran 40% – 60%. Sebisa mungkin hindari meletakkan aglaonema di bawah AC agar daun tidak menjadi hangus karena kekeringan.

Jika harus meletakkan aglaonema di luar ruangan pastikan berada di tempat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lembab. Gunakan alat ukur hygrometer untuk mengukur kelembapan udara sekitar.

  • Memilih media tanam yang tepat

Media tanam yang digunakan yaitu tanah humus, sekam, coco peat, pasir dan akar pakis. Namun, perlu kita ketahui setiap media tanam memiliki daya ikat air yang berbeda-beda.

Dalam menyiapkan media tanam, kita perlu menyemprotkan cacahan pakis dengan fungisida. Kemudian cuci dan jemur selama 8 jam di bawah terik matahari. Lalu masukkan cacahan pakis kedalam plastik, ikat rapat dan simpan selama seminggu. Lakukan hal yang sama untuk pasir dan sekam bakarnya.

  • Pemupukan yang rutin

Pupuk yang digunakan untuk tanaman hias daun berbeda dengan tanaman hias bunga. Aglaonema menggunakan pupuk NPK sebagai nutrisinya. Sebab, pupuk NPK memiliki kandungan nitrogen yang tinggi. Oleh karena itu, sangat cocok untuk pertumbuhan tanaman aglaonema ini.

Namun, ada juga beberapa jenis tanaman hias aglaonema yang membutuhkan kadar nitrogen rendah. Misalnya, tanaman aglaonema yang memiliki warna merah, merah muda, kuning dan putih. Apabila menggunakan kadar nitrogen yang tinggi, akan membuat warnanya pudar dan menghilangkan ciri khas dari tanaman itu sendiri.

Jenis-jenis Tanaman Hias Aglaonema

Aglaonema memiliki beberapa jenis, berikut ini jenis-jenis aglaonema yang cocok untuk menghiasi rumah Anda.

1. Aglaonema Sparkling Sarah

aglaonema sparkling sarah

Aglaonema jenis ini termasuk jenis cemara Cina. Tanaman ini menjadi favorit karena memiliki daun yang berukuran besar dan berwarna hijau cerah dengan semburan warna merah muda. Aglaonema Sparkling Sarah memiliki tampilan lebih berkilau dibandingkan dengan jenis lainnya. Hal inilah yang dapat menarik perhatian pecinta tanaman hias. Selain itu, batang tanaman ini berwarna merah muda sesuai dengan warna daunnya. Aglaonema jenis ini akan tumbuh subur selama awal atau akhir musim kemarau.

2. Aglaonema Siam Aurora

aglaonema siam aurora

Aglaonema Siam Aurora ini berwarna merah yang sangat indah. Batangnyapun berwarna merah muda panjang berdaging yang menopang daunnya. Daun aglaonema ini runcing berwarna merah dan hijau dengan corak merah cerah yang indah. Tanaman ini dapat tumbuh mencapai ketinggian 90 cm dan lebar 90 cm.

3. Aglaonema Snow White

aglaonema snow white

Aglaonema Snow White atau aglonema Putri Salju ini memiliki daun yang besar berwarna hijau dengan semburan putih. Semburan putih pada daun yang membuat seperti di selimuti salju. Semburan putih pada daun inilah yang dapat memberikan kesan cantik.

4. Aglaonema Red Emerald

aglaonema red emerald

Biasanya di sebut juga dengan Aglaonema Zamrud Merah. Tanaman ini memiliki daun yang lebar, berwarna hijau zamrud dan urat berwarna merah. Daunnya juga berbintik-bintik kuning keemasan yang menambah daya pikat.

5. Aglaonema Red Sumatra

Jenis aglaonema ini terkenal karena memiliki daun yang sangat besar. Dedaunan jenis ini sangat menarik dengan warna hijau tua berurat merah menyala dan berbintik kuning.

6. Aglonema Silver Stone

aglaonema silver stone

Mungkin sekilas tanaman hias ini mirip dengan tanaman hias tropis biasa. Seperti berwarna hijau, rindang dan indah. Jika di lihat secara teliti, tanaman aglaonema siver stone memiliki daun yang sangat menarik. Karena memiliki tekstur daun yang halus dan batang berwarna perak. Warna perak inilah yang memberikan kesan estetik pada aglonema silver stone.

7. Aglaonema Pink Dalmatian

aglaonema pink dalmatian

Aglaonema ini sangat cocok untuk menghiasi halaman rumah Anda. Jenis ini memiliki daun yang indah dan besar. Daunnya memiliki bintik halus berwarna merah muda yang sedikit tembus cahaya. Oleh karena itu, tanaman ini di beri nama Aglaonema Pink Dalmatian.

Penutup

Aglaonema merupakan jenis tanaman hias yang menjadi incaran para pecinta tanaman. Sebab, Aglaonema memiliki banyak jenis yang banyak dan indah. Bahkan pecinta Aglaonema rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah untuk mendapatkan jenis yang sesuai dengan keinginan.

Nah, jenis apakah yang Anda sukai? Yuk, hias halaman rumah dengan Aglaonema agar rumah lebih estetika

Jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog ini di lain kesempatan yang Anda miliki. Semoga bermanfaat!

Azizah Nur Laily

Ibu rumah tangga

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.